UTILITY

Fungsi Departement Utility dalam suatu Proses Industri/Pabrik

     Utility yang memeiliki arti didalam bahasa inggris adalah keperluan/kebutuhan, didalam proses industri/pabrik utility memiliki peran yang sangat vital bagi berjalannya proses produksi guna menunjang/memenuhi agar suatu proses produksi dapat berjalan dengan lancar dengan standar yang telah ditentukan. Kebutuhan yang dihasilkan utility didalam suatu proses industri/pabrik antara lain:

  • AIR (Water)Air memiliki peran yang sangat penting didalam proses produksi, maka dari itu departement utility bertugas mengolah air, air yang diolah biasanya berupa air sungai yang masih kotor kemudian melalui proses WTP (water treatment) sehingga air tersebut menjadi layak untuk digunakan baik sebagai kebutuhan proses, maupun untuk kebutuhan manusia.
  • Udara Bertekanan (Compressed Air)Udara bertekanan disini dihasilkan oleh kompressor dengan kapasitas besar sehingga udara yang dihasilkan bisa mencapai diatas 10 bar, udara disini memiliki fungsi untuk mengerakan cylinder, untuk melakukan cleaning. Sifat dari compressed air sendiri memiliki kandungan air (water) lebih tinggi dibandingkan air instrument.
  • Udara Instrument (Air Instrument)  Udara intrument secara proses pembutannya sama dengan compressed air karena sama-sama dihasilkan oleh compressor, namun pada intstrument air memiliki kandungan air lebih sedikit dibandingkan compressed air. Fungsi dari air instrument sendiri didalam proses industri adalah, untuk menggerakan control valve dan alat-alat pneumatic.
  • Steam (Uap) Uap atau steam dihasilkan melalui Boiler (ketel untuk merebus), sedangakan air yang direbus adalah demin water, kenapa demin water? karena demin water adalah air yang sudah melalui tahapan proses sehingga tingkat korosif dan zat-zat yang terkandung berbeda dengan air biasa. Fungsi dari steam sendiri adalah memanaskan, mengerakan turbin pada pembangkit listrik tenaga uap. Steam sendiri dibagi atas 3 tingkatan ada steam low (1-12,5)bar, Medium (12,5-24 bar)  dan Highg (diatas 24 bar).
  • Demin WaterDemin water sendiri diperoleh melalui tahapan proses kimia, dengan campuran bahan kimia, demin water biasanya digunakan sebagai umpan ketel boiler, atau air yang dibuat untuk steam, demin water memiliki tingkat korosif yang sangat rendah sehingga sangat bagus untuk di jadikan steam karena tidak menimbulkan kerak pada dinding pipa, maupun dinding ketel, sehingga boiler dapat bekerja secara maksimal.
  • Sistem Pengolahan Limbah Pengolahan limbah didalam suatu industri sangat penting karena limbah yang dihasilkan didalam proses produksi dapat menimbulkan pencemaran lingkungan yang berakibat terhadap kesehatan pekerja maupun warga yang berada pada lingkungan pabrik tersebut. Pengolahan limbah sendiri dapat dilakukan dengan memperlakukan air yang memiliki tingkat bahaya diproses sehingga air tersebut menjadi aman dihilangkan unsur-unsur kimia yang berbahaya sehingga dapat digunakan kembali, maupun dibuang. Sedangkan untuk bahan-bahan yang tidak dapat diolah dilakukan penyimpanan ditempat yang aman, jauh dari jangkauan orang, maupun dikirm ke pabrik pengolahan limbah.
  • Cooling Water (Air Dingin)Cooling water dihasilkan oleh alat/mesin yang bernama Cooling tower yang mensirkulasikan air di cooling tower sehingga air tersebut temperaturnya turun bisa mencapai 22 drajat celcius. Fungsi dari Cooling water sendiri untuk mendinginkan komponen mesin, sperti sistem pendinginan oil, sistem pada heat exchanger.
  • Chiller water Chiller water dihasilkan melalui mesin chiller water air yang digunakan pada chiller water dihasilkan dari cooling tower. Air chiller water memiliki temperatur yang lebih dingin mencapai 6 drajat celcius, secara fungsi hampir sama dengan cooling water untuk mendinginkan komponen mesin untuk menjaga agar tidak terjadi over heating (panas yang berlebih) sehingga dapat merusak mesin itu sendiri.

Tinggalkan komentar