LINGKUNGAN ORGANISASI

  1. Ada apa di dalam lingkungan eksternal organisasi ?
    1. Organisasi merupakan sistem yang terbuka yang berhubungan dengan lingkungannya untuk mendapatkan sumber daya sebagai input yang ditransformasikan menjadi output
    2. Lingkungan eksternal organisasi terdiri dari komponen umum (makro) dan khusus (mikro)
    3. Lingkungan umum merupakan kondisi latar belakang yang mempengaruhi organisasi
    4. Kekuatan di dalam lingkungan umum meliputi ekomoni, sosial budaya, politik dan hukum, teknologi, dan kondisi lingkungan
    5. Lingungan khusus terdiri dari organisasi aktual, group-group, dan orang-orang yang berada dalam organisasi
    6. Kekuatan lingkungan khusus terdiri dari supplier (pemasok/penyedia), konsumen (langganan), competitor (pesaing), regulator (pemerintah), lembaga keuangan, dan golongan berpengaruh (pressure groups) atau pesaing.
  2. Kondisi lingkungan yang merubah manajemen saat ini
    1. Yang pertama adalah perbedaan (keanekaragaman) tenaga kerja, ekonomi global, etika, dan respon sosial
    2. Organisasi yang berhasil  mengatur keragaman tenaga kerja akan menghasilkan keuntungan berbeda diluar hal-hal yang tidak dapat dikerjakan
    3. Organisasi yang memahami ekonomi global dan berimplikasi untuk selalu berkembang akan mendapat posisi yang lebih baik pada kesuksesan yang akan datang
    4. Organisasi yang mengelola kegiatan harian dengan suatu komitmen kepada standar etika yang tinggi dan tanggungjawab sosial akan dihargai oleh masyarakat umum
    5. Manajer yang baik tidak hanya melaksanakan empat fungsi manajemen dengan baik, mereka juga dengan perlahan mengubah perbedaan, globalisasi, lingkungan alami, dan tanggungjawab sosial
  3. Bagaimana pelayanan konsumen dan kualitas produk menjadi keunggulan kompetitif ?
    1. Keunggulan kompetitif di dalam lingkungan dinamik membantu proses suatu  produk yang unik, hal ini sedikit banyak memberatkan bagi kompetitor untuk meniru produk yang ada di pasaran
    2. Beberapa organisasi harus berkembang dan memperhatikan konsumen yang loyal atau klien utama; customer service (pelayanan konsumen) dan kualitas produk yang merupakan dasar dari keunggulan kompetitif
    3. Costumer service dan kualitas produk “memberi nilai tambah” pada produk atau pelayanan dengan membuat produk menarik bagi orang yang membeli dan memakainya
    4. Pendekatan manajemen didasarkan pada total quality management yang dilaksanakan untuk menemukan keinginan konsumen seperti : on time, the first time, dan all the time
    5. Bagaimana operasi manajemen menjadi keungulan kompetitif ?
    6. Operation management secara spesifik berkaitan dengan aktivitas dan keputusan dimana organisasi merubah input sumber daya menjadi output produk jadi
    7. Saat ini, operation management terlihat semakin pesat dalam strategi perspektif, dan dengan perhatian tepusat pada produktivitas demand, kualitas, dan competitive advantage
    8. Issu utama dalam strategic operation management meliputi product design (disain produk), technology utilization (penerapan teknologi), organization design (disain organisasi), dan human resource utilization (penggunaan sumberdaya manusia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s