PEMODELAN SYSTEM

Teknik untuk membangkitkan ide-ide

Banyak teknik telah dikembangkan untuk membantu dalam proses menghasilkan ide. teknik Ideation sering dibagi menjadi teknik individu dan teknik kelompok. Sementara teknik individu dapat digunakan oleh kelompok, tidak semua teknik kelompok dapat digunakan oleh individu. Di antara yang paling umum adalah brainstorming, synectics, daftar periksa, dipaksa, hubungan, atribut pencatatan, dan analisis morfologis.

Brainstorming
Brainstorming adalah salah satu teknik yang paling populer untuk generasi ide. Brainstorming diperkenalkan oleh Osborn alex tahun 1930-an. Dia membawa ide untuk massa melalui bukunya diterapkan imajinasi, pertama kali diterbitkan pada tahun 1953. Brainstorming adalah berdasarkan konsep bahwa kita tidak kreatif karena kita filter (berprasangka) ide karena blok persepsi bahwa kita diskusikan dalam bab sebelumnya. Oleh karena itu, Osborn difokuskan pada menghilangkan filter ini. Dalam melakukan sesi brainstorming, ia dibungkam kritik oleh dering bel keras.
Brainstorming adalah didasarkan pada dua prinsip dasar dan empat aturan. Kedua prinsip dasarnya adalah untuk menunda penghakiman (mengesampingkan kritik), dan bahwa kuantitas kualitas breeds (berusaha untuk sejumlah besar ide). Keempat aturan tersebut adalah:
1. Menyingkirkan kritik. Kita harus menahan evaluasi sampai setelah ide telah dihasilkan.
2. Selamat Datang freewheeling. Peserta didorong untuk mengusulkan ide-ide yang muncul dalam pikiran, liar semakin baik. Sebuah suasana dibuat di mana semua hambatan yang santai.
3. Mencari ide-ide dalam jumlah besar.
4. Mendorong kombinasi dan perbaikan. Hal ini sering disebut piggy-backing, yaitu menggabungkan dua ide sebelumnya atau perbaikan atas gagasan sebelumnya.

Brainstorming biasanya dilihat sebagai kelompok teknik pemecahan masalah, memanfaatkan kenyataan bahwa ide-ide dari satu orang merangsang ide-ide dari orang lain, meskipun dapat dipraktekkan secara individual. Sebuah sesi brainstorming terdiri dari anggota kelompok, seorang pemimpin, dan seorang sekretaris rekaman. Bawahan tidak boleh dicampur dengan supervisor untuk menghindari blok lingkungan atau tekanan. Semua anggota kelompok serta pemimpin harus memiliki keakraban dengan sifat masalahnya. Pemimpin harus dapat menjaga suasana santai dan terampil dalam mendorong gagasan tambahan. Tujuan dari sekretaris perekaman menuliskan ide mereka yang diusulkan.

Sebuah sesi brainstorming khas dilakukan sebagai berikut. Sekelompok 6 sampai 12 peserta biasanya dipilih. Para peserta mengembangkan sebuah pernyataan masalah ringkas. Latar belakang masalah, contoh dari solusi yang mungkin, dan empat aturan brainstorming dikirim ke peserta 2-7 hari sebelum sesi. Adalah penting bahwa semua peserta memahami masalah dan proses. Berikutnya, sebuah pertemuan diadakan orientasi untuk menjelaskan bagaimana sesi format akan dilakukan, meninjau prinsip-prinsip dasar, dan melakukan latihan pemanasan tidak terkait dengan masalah. Masalah dalam pertimbangan ini kemudian ditulis di papan tulis. Peserta diminta untuk mengajukan ide-ide. Hanya satu yang harus disarankan pada satu waktu, dan pemimpin harus mempertahankan kontrol atas kelompok, dan kelompok asli diminta untuk menampilkan daftar gagasan tambahan.
Sesi harus terakhir sekitar 30-45 menit. Setelah ide dihasilkan, sebuah kelompok evaluasi dari sekitar lima orang yang dipilih. Mereka disajikan dengan daftar dan memilih ide-ide terbaik. Ide-ide ini diberikan kepada kelompok asli diminta untuk menampilkan daftar gagasan tambahan.

Masalahnya diatasi dengan sesi brainstorming harus spesifik, bukan umum, sehingga peserta dapat berkonsentrasi pada upaya topik, tunggal terfokus. Misalnya, meningkatkan kualitas dalam suatu organisasi adalah terlalu luas. Masalah tersebut harus dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih spesifik, seperti meningkatkan kualitas bagian yang dibeli dari berfokus pada operasi manufaktur yang spesifik. Kita harus menggunakan brainstorming hanya untuk masalah bahwa panggilan untuk mencari ide-daripada penghakiman. Masalah dengan pilihan terbatas, seperti apakah akan membuat atau membeli salah satu bagian, jelas tidak cocok untuk brainstorming baik.
Brainstorming bekerja karena efek sinergis yang. Jumlah ide yang dihasilkan oleh beberapa individu tidak aditif, piggy-dukungan dari orang lain ide-ide akan mengarah pada pertumbuhan eksponensial ide. Friendly persaingan antara individu dalam grup juga meningkatkan motivasi untuk menjadi kreatif. Sinus tidak ada kritik diperbolehkan, blok internal untuk kreativitas dihapus.

Synectics
Pada awal 1950-an, William JJ Gordon, seorang eksekutif Arthur D Little Inc yang pernah belajar berpikir kreatif dan teori Osborn, mulai sesi rekaman-rekaman dari tim kreatifnya. Dia melihat bahwa ketika ide muncul terutama novel, itu dinyatakan sebagai analogi dengan masalah yang sama ditemukan di alam atau di tempat lain dalam hidup. Misalnya, ketika sebuah peternakan produk perusahaan telah meminta kelompok tersebut untuk membantu dalam menemukan cara untuk memastikan bahwa benih spasi benar larut dalam sebuah rekaman yang akan diletakkan di lapangan. Ide ini muncul setelah seseorang memikirkan sebuah senapan mesin belt.17

Gordon mulai meneliti beberapa penemuan sejarah terkenal dan menemukan bahwa analogi telah wawasan kunci yang mengarah pada penemuan di hampir semua kasus. Gordon proses formal sebagai suatu teknik yang ia sebut synectics. Metode ini meliputi sesi kelompok di mana suatu kelompok pemecahan masalah ini dipimpin melalui serangkaian informasi awal stapes wit latar belakang, untuk mengurangi masalah penting yang paling sederhana, dan akhirnya diikuti dengan mencari analogi yang alami.

Salah satu hasil paling menonjol adalah pengembangan Keripik kentang. Sebuah perusahaan telah berusaha mencari cara untuk kompres keripik kentang ruang kecil. Jelas, bila hal ini dilakukan mereka hancur. Dengan synectics, pertanyaan untuk bertanya adalah: alam telah memecahkan masalah? analogi itu ditemukan dalam daun. Meskipun rapuh, mereka sering ditemukan dikompresi dan tidak rusak. Ini adalah kasus ketika mereka basah. (Telah Anda melihat berapa banyak easier4 itu adalah untuk meraup dan tas mereka setelah hujan Apakah Anda pernah mencoba air daun sebelum menyapu mereka?)? Perusahaan kemudian dijual gagasan untuk P & G, yang memperkenalkan produk.

Synectics berasal dari kata Yunani yang berarti bergabung bersama-sama dari unsur yang berbeda dan tampaknya tidak relevan. Pertama, ia mencoba untuk membuat akrab aneh oleh tarik pemecah masalah dari masalah sehingga solusi kreatif dapat dikembangkan. Kedua, mencoba o membuat aneh akrab dengan melihat masalah dengan cara baru

Synectics memiliki dua membedakan karakteristik. Pertama, serangan kelompok konsep yang mendasari masalah daripada masalah itu sendiri. Misalnya, jika prinsip baru untuk pembuka bisa dicari, pemimpin kelompok memperkenalkan subjek pembukaan. Kedua kelompok ini memeriksa masalah dari banyak sudut-ekonomi, sosial, mekanik, dan sebagainya mencoba untuk menemukan suatu analogi atau metafora

Tiga jenis dasar analogi digunakan: fantasi, langsung, dan pribadi. analogi Fantasy didasarkan pada melihat masalah dalam hal keinginan idealis daripada aktualitas. Sebagai contoh, manusia telah memimpikan terbang seperti burung, terjadi di bulan, atau berenang seperti ikan selama berabad-abad. Mitos tentang Icarus dan Nautilus Jules Verne yang bisa sangat baik telah memberikan menyulut imajinasi untuk pengembangan pesawat terbang dan kapal selam. Operasi peneliti sering membayangkan untuk memindahkan langsung ke titik optimal dari program linier tanpa bergerak antara titik ekstrim seperti halnya metode simpleks. Mencari solusi yang ideal sering dapat memuat kembali ke ide-ide praktis, seperti metode elipsoid untuk pemrograman linear dan algoritma Karmaker

analogi yang langsung menemukan situasi paralel dalam kehidupan nyata berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Anda sendiri. Misalnya, bel yang dikembangkan dengan model telepon setelah telinga manusia. Untuk mengoptimalkan sebuah permukaan tidak diketahui, kita dapat menganggap mendaki bukit, jika kita menutup mata dan ditempatkan di sisi bukit, kita dapat mengambil satu langkah dalam beberapa arah dan memilih salah satu yang paling cepat bergerak ke atas. banyak algoritma untuk optimasi non linier didasarkan pada analogi ini.

Banyak sukses algoritma untuk masalah optimasi kombinasional didasarkan pada analogi langsung. “Simulated annealing” melibatkan analogi dengan proses anil dalam ilmu material dan “algoritma genetika” didasarkan pada proses reproduksi biologis. Sains berita melaporkan pada tanggal 25 April 1987, bahwa seorang ahli biologi molekuler dan zoologi menyelidiki bagaimana sel saraf dihubungkan ditemukan di analogi dengan masalah perjalanan salesman. Mereka memulai dengan sebuah lingkaran kecil di tengah kelompok kota. Lingkaran itu secara bertahap berbaring karena kekuatan yang diberikan oleh poin sampai membentuk lingkaran tak beraturan yang lewat di dekat setiap titik, dengan demikian menetapkan sebuah tur perjalanan salesman. Mereka telah mampu menyelesaikan masalah kota 100 within1 persen optimal dengan metode ini. Mengambil analogi ini secara terbalik, ilmuwan berharap bahwa algoritma ini akan memberikan wawasan baru ke dalam hubungan saraf.

analogi Pribadi melibatkan menempatkan diri Anda dalam peran masalah itu sendiri. Anda bayangkan diri Anda sebagai orang atau objek yang dipelajari. Misalnya, desainer produk mungkin menempatkan dirinya dalam peran pengguna produk, atau tenaga penjual mungkin menempatkan dirinya dalam peran pelanggan. Gane woolsay berkaitan cerita yang menarik yang melibatkan analogi pribadi. perusahaan telah ditentukan utamanya tanaman substansial ada. metode formal flowcharting proses dan menganalisa diagram alur itu tampaknya tidak mengungkap semua masalah. Berikut adalah cara ia diserang itu:

Besok pagi, bila e-mail yang masuk, temui aku di bagian surat-surat mengenakan kemeja tua. Kami kemudian akan memilih secara acak sebuah RFQ dan pokok ke shirtcollar Anda. Sekarang tou adalah bahwa RFQ, dan Anda mungkin tidak bergerak dari tempat yang sampai Anda akan dibawa ke tempat berikutnya di mana Anda (RFQ) harus diproses. Selanjutnya, Anda tidak mungkin mengambil RFQ dari sampai Anda (RFQ) telah sepenuhnya diolah melalui pabrik.
Menanggapi fakta fakta bahwa mereka mendapat sekitar 40 RFQs setiap hari, Woolsey disarankan:
Aku akan muncul dengan menampilkan sampai dengan 40 sekolah siswa tambang mengenakan kemeja tua. Kami akan bahan pokok RFQs untuk shirtcollars mereka dan secara simultan melengkapi mereka dengan kasus Coors bir dingin dan dua kantong Fritos. Mereka akan menerima instruksi yang sama seperti manajer pabrik: bahwa mereka sekarang RFQs dan hanya bisa bergerak ke stasiun pengolahan berikutnya ketika dibawa ke sana oleh seseorang. Namun, mereka menerima satu instruksi lebih lanjut bahwa mereka akan diberikan bersama bir dan cepat Fritos iklan karena mereka mengkonsumsinya. Kemudian pada sore hari, semua manajer pabrik harus dilakukan menemukan hambatan adalah pergi mencari kelompok pemabuk.

Seorang pemimpin yang terlatih sangat penting dalam synectics melakukan, itu bukan metode do-it-yourself. Namun, penggunaan metafora adalah metode ide-generasi yang sangat baik. Penggunaan analogi baru-baru ini telah diselidiki oleh Sullivan dan Yates sebagai alat untuk perencanaan bisnis yang komprehensif. Ketika mempertimbangkan masalah bisnis yang spesifik, manajer sering menemukan itu berguna untuk mengetahui bagaimana perusahaan lain telah mendekati masalah yang sama. Suvillian dan Andrea menjelaskan dasar pengetahuan tentang kasus yang berkaitan dengan satu bidang bisnis dan sistem dukungan yang, diberikan informasi yang memadai tentang sebuah perusahaan, akan mencari basis pengetahuan dan mengusulkan kasus serupa untuk studi manajemen lebih lanjut.

Checklists (daftar pembanding)
Daftar-pembanding adalah cara sederhana untuk menghasilkan ide-ide dengan menyiapkan daftar item yang terkait dengan masalah dan memeriksa item terhadap aspek-aspek tertentu dari masalah. Osborn menyarankan pendekatan checklist untuk membantu menghasilkan ide-ide. Di bawah ini kami daftar pertanyaan utama untuk dipertimbangkan.
– Taruh untuk penggunaan lainnya? Cara baru untuk digunakan sebagai adalah? Lainnya menggunakan jika diubah?
– Menyesuaikan? Apa lagi yang seperti ini? Apa ide lain hal ini menyarankan? Apakah penawaran terakhir paralel? Apa yang bisa saya copy? Siapa yang bisa saya meniru?
– Modifikasi? New twist? Perubahan makna, warna, gerak, suara, bau, bentuk, bentuk? Lainnya akan berubah?
– Memperbesar? Apa yang harus ditambahkan? Lebih banyak waktu? Frekuensi yang lebih besar? Kuat? Tinggi? Lagi? Tebal? Tambahan nilai? Plus bahan? Gandakan? Multiply? Membesar-besarkan?
– Mengecilkan? Apa yang harus mengurangi? Kecil? Terkondensasi? Miniatur? rendah lebih pendek? Lighter? Menghilangkan? Streamline? Spilt up? mengecilkan?
– Pengganti? Siapa lagi bukan? Bahan lain? Bahan lain? Proses lainnya? Lain kekuasaan? Tempat lain? Pendekatan lain? Lain nada suara?
– Tata ulang? Interchange komponen? Lain lain pola tata letak? Lain urutan? Nada sebab dan akibat? Mengubah kecepatan? Mengubah jadwal?
– Reverse? Nada positif dan negatif? Bagaimana berlawanan? Putar ke belakang? Putar terbalik? reverse peran? Ubah sepatu? Belok tabel? Belok lainnya pipi?
– Combine? Bagaimana tentang campuran, paduan, berbagai sebuah, ensemble? Combine unit? Combine tujuan? Combine banding? Gabungkan ide-ide?
Kami sering menggunakan daftar tersebut untuk mengembangkan ide produk baru. Sebagai contoh, kita dapat menambahkan atau mengurangi fitur, warna berubah, bahan pengganti, mengatur ulang bagian, beragam bentuk, ukuran perubahan, dan seterusnya. Daftar-sama dapat digunakan untuk generasi ide dalam DS / MS. Sebagai contoh:
1. Dihukum-lain menggunakan menerapkan model EOQ untuk perencanaan personil.
2. Beradaptasi – menyesuaikan prinsip-prinsip dalam ilmu material anil untuk optimasi kombinatorial – “SA” memodifikasi – santai asumsi deterministik.
3. Modifikasi – asumsi deterministik Santai
4. Memperbesar – memperbesar jumlah variabel dalam sebuah program linier untuk memperoleh informasi analisis sensitivitas yang lebih baik.
5. Agregat mengecilkan-variabel atau kendala untuk mengurangi ukuran model
6. Pengganti-menggunakan pendekatan linear untuk fungsi objektif nonlinier.
7. Tata ulang-Ubah urutan operasi dia, seperti “cluster pertama, rute kedua” atau “Rute pertama, klaster kedua” di dalam kendaraan aplikasi routing
8. Reverse-gunakan mundur chaining sebagai lawan untuk mencari sistem pakar proses maju
9. Combine-memanfaatkan paralel processing
Geogre Polya, seorang matematikawan terkenal terutama terkenal karena pendekatan untuk pemecahan masalah, menyarankan checklist untuk memecahkan matematika problems22
Memahami Masalah Apa yang tidak diketahui? mana data? Apa itu kondisi? adalah mungkin untuk memenuhi kondisi tersebut? adalah kondisi cukup untuk menentukan yang tidak diketahui? Atau cukup atau berlebihan? atau bertentangan? Draw angka. memperkenalkan notasi cocok. Memisahkan berbagai kondisi dapat Anda mencatatnya?
Merancang rencana Anda melihatnya sebelumnya? atau Anda melihat masalah yang sama dalam bentuk yang agak berbeda? Anda tahu masalah yang berhubungan? Anda tahu teorema yang dapat berguna. ? melihat tidak diketahui. Cobalah untuk memikirkan masalah yang sama dikenal memiliki atau tidak diketahui sama

Berikut ini adalah masalah yang berkaitan dengan Anda dan memecahkan sebelumnya. Bisakah Anda menggunakannya? Bisakah Anda menggunakan metode tersebut? Jika Anda memperkenalkan beberapa elemen tambahan agar penggunaannya mungkin? bisa Anda mengemukakan kembali masalah? bisa Anda menyajikan kembali masih berbeda? Kembali ke definisi
Jika Anda tidak bisa memecahkan masalah yang diusulkan, mencoba memecahkan beberapa masalah pertama terkait. bisa Anda bayangkan sebuah masalah yang terkait lebih mudah diakses? masalah yang lebih umum? masalah yang lebih khusus? masalah analog? bisa Anda memecahkan bagian dari masalah? hanya menyimpan bagian dari kondisi tersebut, penurunan bagian lain: sejauh mana tidak diketahui kemudian ditentukan, bagaimana bisa bervariasi?
Bisakah Anda mengemudi sesuatu yang berguna dari data? bisa Anda memikirkan data lain yang sesuai untuk menentukan yang tidak diketahui? Anda dapat mengubah yang tidak diketahui atau data, atau keduanya, jika perlu, sehingga tidak diketahui baru dan data baru lebih dekat satu sama lain? Apakah Anda menggunakan semua data?. Apakah Anda menggunakan kondisi keseluruhan? Anda diperhitungkan semua notasi penting yang terlibat dalam masalah
Melaksanakan rencana. Melaksanakan rencana Anda larutan, periksa setiap langkah. Dapatkah Anda melihat dengan jelas bahwa langkah yang benar? Bisakah Anda membuktikan bahwa itu benar?
Meneliti solusi yang diperoleh. Bisakah Anda memeriksa hasilnya? dapat Anda memeriksa argumennya? Anda dapat memperoleh hasil yang berbeda? Dapatkah Anda melihat sekilas? Anda bisa menggunakan hasil metode untuk beberapa masalah lain?
Dalam daftar ini adalah elemen penting dari berpikir kreatif: masalah sensitivitas dan asumsi pengujian (merupakan kondisi yang cukup untuk menentukan yang tidak dikenal bisa Anda menyajikan kembali masalah??); Fleksibilitas (bisa Anda menyajikan kembali masih berbeda? Buatlah gambar) dan? Analogi (Anda melihat masalah yang sama dalam bentuk yang berbeda sedikit ly? kau tahu masalah yang terkait.
Polya sebenarnya menyediakan lebih dari sekedar sebuah checklist, ia menyajikan seluruh pendekatan pemecahan masalah. Dalam bab berikutnya, kita akan melihat bahwa pendekatan ini berkaitan erat dengan lebih generik pendekatan pemecahan masalah kreatif.
Mari kita mempertimbangkan bagaimana daftar ini bisa disesuaikan dengan model (bukan memecahkan) masalah linear programming.
Memahami masalah. apa variabel keputusan? Apa parameter (data)? Apa saja kendala? Apakah cukup data yang tersedia untuk menentukan semua kendala yang relevan? Menggambar. Mengenalkan notasi cocok. Memisahkan berbagai bagian kendala (misalnya, kiri-kanan, kanan-samping). Menuliskannya.
Menyusun rencana. Apakah Anda melihatnya sebelumnya? (Apakah campuran produk, transportasi, atau masalah penjadwalan, misalnya) atau? Telah Anda melihat masalah yang sama dalam sedikit berbeda dari (notasi yang berbeda atau berbeda dari hambatan)? Apakah Anda tahu masalah yang terkait? bisa Anda menyajikan kembali masalah dengan menggunakan variabel keputusan yang berbeda atau fungsi objektif yang berbeda? bisa Anda memikirkan data lain atau kendala yang tepat untuk masalah ini (misalnya, persamaan material balance yang tidak eksplisit dalam laporan masalah) Tahukah Anda menggunakan semua data.
Melaksanakan rencana. menuliskan setiap kendala. Melakukan analisis dimensi dari setiap periode dan kedua sisi kendala. Apakah dimensi konsisten?
Meneliti Meraih solusi. Jika nilai-nilai numerik diganti untuk variabel-variabel keputusan, akan pemilik masalah memiliki solusi yang berguna? ketika dipecahkan, apakah solusinya masuk akal?

Paksa Hubungan
hubungan Paksa adalah teknik yang membantu mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan ide-ide dengan memaksa hubungan antara ide-ide yang tampaknya tidak berhubungan. Hubungan Paksa didasarkan pada salah satu prinsip brainstorming yaitu menggabungkan dan mengkombinasikan ide-ide. Ide tidak selalu harus berkaitan satu sama lain dan untuk masalah tersebut. Namun, ide-ide yang terkait satu sama lain dan untuk masalah ini umumnya akan menghasilkan ide-ide yang lebih praktis, meskipun mereka mungkin lebih mundane.for contoh mempertimbangkan masalah menemukan cara yang lebih baik pelatihan pengguna perangkat lunak komputer. Kami pertama mungkin daftar item umum di wilayah subjek: disk, buku, komputer, dan sebagainya. Memaksa disk dan buku bersama-sama mungkin menyarankan gagasan menempatkan manual pengguna pada disk. Memaksa konsep buku dan komputer bersama-sama mungkin menyarankan sebuah sistem pembelajaran berbasis komputer, misalnya Teknik memaksa-hubungan sangat berguna dalam menghasilkan ide-ide penelitian di DS / MS ini akan dibahas dalam Bab 6
Atribut listing
daftar Atribut melibatkan mengambil aspek-aspek khusus dari suatu masalah, daftar atribut mereka, dan kemudian berfokus pada atribut-atribut untuk menghasilkan ide-ide baru. Atribut yang digunakan sebagai checklist untuk memaksa pemecah masalah untuk memeriksa semua aspek dari masalah. misalnya, atribut-atribut dari klip kertas adalah bahwa itu adalah tipis, logam, lembut, telah berakhir tajam, dan seterusnya. Untuk menentukan berbeda untuk menggunakan klip kertas, orang bisa fokus pada atribut-atribut individual. Apa yang dapat menggunakan satu sudah untuk objek tipis – pick gigi, pembersih pipa? Sebuah benda logam – sebuah elemen pemanas, sebuah konduktor listrik? Sebuah benda lentur – sebuah srew gabus, ikan hook? Sebuah benda tajam – senjata, pemotong kertas?
Dalam DS / MS, pencatatan dan menganalisis asumsi-asumsi model adalah daftar atribut af aplikasi. Misalnya, model EOQ klasik mengasumsikan tingkat permintaan yang konstan, tidak stockouts, agar biaya tetap, lead time konstan, kuantitas pesanan datang sekaligus, dan seterusnya. Bagaimana masing-masing asumsi akan berubah? Permintaan dapat stokastik, kental, pada non linier. Stockouts dapat dimasukkan, dan mereka bisa hilang penjualan atau backorders, atau hanya sebagian kecil dari permintaan puas dapat menyebabkan kehilangan penjualan. Teknik ini dapat memberikan peningkatan sumber yang kaya model-bangunan.
Sebagai contoh lain, mempertimbangkan masalah penghapusan salju di sebuah jaringan jalan raya negara. Unsur-unsur utama dari masalah adalah kendaraan, kondisi cuaca, routing, lokasi stasiun garam, dan sebagainya. Atribut kendaraan mungkin ukurannya (ton garam yang dapat membawa) dan apakah atau tidak dilengkapi dengan bajak. kita mungkin ciri kondisi cuaca seperti salju ringan, salju menengah, dan sebagainya. Dengan daftar atribut tersebut; itu jauh lebih mudah untuk mengembangkan pendekatan alternatif untuk menyerang masalah. misalnya, dengan salju ringan, mungkin satu-satunya dispatch truk kecil untuk jembatan garam: untuk salju yang berat, rencana seluruh armada mungkin akan dikembangkan.
Analisis morfologi
Analisis morfologi melibatkan penggunaan sistem grid untuk menguji kombinasi atribut sepanjang beberapa dimensi. pada dasarnya, mengkombinasikan prinsip-prinsip dipaksa-hubungan dan teknik atribut-daftar. analisis morfologi didasarkan pada prinsip sederhana kombinasi: jika terdapat n elemen dengan atribut masing-masing m, maka ada kemungkinan kombinasi m dari atribut. Misalnya, klip kertas mungkin memiliki unsur-unsur bentuk (bulat atau persegi), material (logam atau plastik), dan ketebalan (tebal atau tipis). Ini memberikan delapan kombinasi (lihat gambar 4-2). Kita mungkin menghasilkan bulat, plastik, penjepit kertas tipis, atau persegi, logam, tebal satu, misalnya.
Berbagai kombinasi atribut dari asumsi model EOQ menyediakan berbagai macam model yang mungkin bila dilihat morfologi. Sebagai contoh, mempertimbangkan permintaan (deterministik atau stokastik), stockouts (none, los penjualan, backorders), agar biaya (tetap, tergantung waktu atau perintah ukuran), timbal (deterministik atau stokastik), menyebabkan 2 x 3 x 2 x 2 = 24 berbeda model!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s